Pentingnya Waktu Dalam Menentukan Karakter

Selasa, 23 November 2010

Waktu, merupakan hal yang sangat penting bagi manusia, terlebih bagi seorang muslim.Begitu pentingnya
waktu, Allah pun bersumpah atas nama Nya, di ayat pertama surat al-Ashr. Kita pun sadar,betapa waktu adalah hal penting. Sering orang mengatakan, time is money artinya waktu itu adalah uang.
MAKA jika para koruptor beran) mengambil resiko untuk di penjara dengan melakukan korupsi karena menganggap uang penting, seharusnya ia juga berfikir, bahwa hidupnya
Oleh Badjoeri Widagdo
bergantung oleh waktu. Allah pun menciptakan Jagad raya (langit dan bumi) ini tak lepas dengan waktu.
Hal itu dapat kita simak dalam QS al Araf 754. Karena itu. jika semesta raya saja terikat dengan waktu, hal itu akan membuat setiap sendi pengislnya. terikat dengan waktu pula. Manusia, telumbuh-an. binatang, pendeknya semua makhluk, hidupnya senantiasa berkaitan dengan waktu dan peredarannya.
PADA setiap tangga) 1 Muharam, kaum muslimin di seluruh dunia, juga terikat dengan waktu, yaitu pergantian Tahun Baru Hijriah. Berbagai dakwah tentang hijrah disampaikan, setiap masjid dipenuhi pengajian, untuk memperoleh hikmah, dan membangun pendidikan spiritual menyambut Tahun Baru Hijriah.
Hikmah peringatan penanggalan Tahun Baru islam yang dimulainya adalah atas usul Khalifah Umar ibn Khattab itu, hingga tahun 1430 H ini tak pernah habis-habJsnya digali. Merenungkan semangat hijriah berarti merenungkan berjalannya waktu, melakukan refleksi perjuangan Nabi Saw, dalam meningkatkan harkat dan martabat umat; juga merenungkan kembali lamanya waktu kehidupan yang telah dilalui oleh seseorang.
Kita semua berkepentingan dengan waktu, sebab hidup ini terbatas dengan waktu, tak terkeculal para koruptor dll, untuk mengingat pentingnya waktu. Jika ke depan, setelah tanggal 1 Muharam 1431 itu. Jumlah koruptor di Indonesia itu masih sama dengan tahun 1430 H. atau bahkan semakin naik, itu semua berarti bangsa Indonesia telah menyia-nyiakan waktu yang telah diberikan oleh Tuhan melalui rahmad Nya.
Sesungguhnya Allah tidak menganugerahkan waktu kepada manusia untuk disia-siakan. Allah memang tidak pernah sia-sia dalam menciptakan segala sesuatu. Bagi seorang muslim, menyadari pentingnya waktu membuat kita makin sadar bahwa hidup itu tidak abadi.
Bagi para koruptor, para pelaku kejahatan, apapun namanya umumnya, kalau sudah ketahuan barulah ia menyadari betapa pentingnya waktu. Yang sering terjadi adalah, mereka Justru mengelak Jika perbuatannya itu dikatakan sebagai melawan hukum, bahkan terkadang membawa-bawa nama Tuhan untuk bersumpah.
Menurut definisi dan hakikat karakter, sifat demikian adalah sifat yang buruk, sifat khianat. sifat tidak bertanggungjawab. Dengan kata singkat, bukan sifat berkarakter mulia.
Seiring dengan bergantinya Tahun Baru Hijriah yang kemudian disusul pergantian Tahun Baru Masehi, Januari 2010. Indonesia harus back to character building, zero corruption (bebas dari segala macam bentuk korupsi)
Membangun bangsa yang zero corruption memang bukan hal mudah, tetapi juga bukan hal yang sulit atau seolah-olah dipersulit. Dalam kenyataan. Waktu juga telah membentuk karakter seseorang dan jatldirnya. Jika sepanjang waktu kehidupan yang dilaluinya itu, seseorang pikirannya balk, ucapannya balk, lindakan dan perilakunya balk, lalu membuahkan menjadi kebiasaan balk, diyakinkan seseorang tumbuh dengan karakter dan jatidiri yang baik.
Inilah yang ingin diharapkan dengan penghayatan sederhana menyangkut waktu. Sehubungan dengan refleksi waktu itu. dalam QS al Baqarah 228, Allah memperingatkan secara tegas, manusia itu terikat dengan dua hal penting tentang waktu, yaitu menjalani dua kematian dan dua kehidupan. Ayat itu lebih dipertegas lagi dalam QS al Mukmin 401 1.
BEGITULAH hakikatnya waktu yang diciptakan Allah, menjadi penanda sekaligus pengingat bahwa kita tidak akan hidup selamanya. Uang yang teralir dari Anggodo pada akhirnya juga akan habis uang Rp. 7.6 triliun dari skandal Bank Century juga akan lenyap, mungkin bahkan tak terbongkar habis; alat-alat canggih yang di manipulasi orang Juga akan habis pohon-dtihon yang oleh pimpro harganya di mark up, uangnya malah mungkin sudah habis untuk berfoya-foya atau untuk yang lain.
Bahwa segala yang Allah ciptakan, akan ada akhirnya. Tugas kita adalah meng-imaninya dengan menggunakan waktu yang kita punya untuk mengerjakaan segala amalan baik, soleh, sebaik-baiknya amalan (QS 2177 dan QS 2877).
Segala amalan yang baik dan meng-imanl perintah Allah itu antara lain adalah jika kita mampu menghentikan praktek-praktek haram dan kotor seperti yang disebutkan diatas yang dapat menggangu kinerja pembangunan.
Jika semua anak bangsa ini malu untuk melakukan kejahatan, malu untuk ber KKN, manipulasi, suap, mark up. -markus, malu untuk menipu temannya sendiri dll. Insya Allah Indonesia akan menapak menjadi negara yang bebas korupsi, negara yang baldatun toyyibatun warobbun qhofur.
Hal itu bisa di wujudkan jika penghuninya terdiri dari para anak bangsa berkarakter dan berjatldiri. berkarakter dan berakhlak baik, berkarakter baik dan berbudi luhur Semoga allah SWT melindungi dan memberkahl kehidupan bangsa ini. (Penulis adalah Pengurus Yayasan Jatidiri Bangsa)
Entitas terkait
Ringkasan Artikel Ini
Kita semua berkepentingan dengan waktu, sebab hidup ini terbatas dengan waktu, tak terkeculal para koruptor dll, untuk mengingat pentingnya waktu. Jika sepanjang waktu kehidupan yang dilaluinya itu, seseorang pikirannya balk, ucapannya balk, lindakan dan perilakunya balk, lalu membuahkan menjadi kebiasaan balk, diyakinkan seseorang tumbuh dengan karakter dan jatidiri yang baik. dalam QS al Baqarah 228, Allah memperingatkan secara tegas, manusia itu terikat dengan dua hal penting tentang waktu, yaitu menjalani dua kematian dan dua kehidupan. alat-alat canggih yang di manipulasi orang Juga akan habis pohon-dtihon yang oleh pimpro harganya di mark up, uangnya malah mungkin sudah habis untuk berfoya-foya atau untuk yang lain. Tugas kita adalah meng-imaninya dengan menggunakan waktu yang kita punya untuk mengerjakaan segala amalan baik, soleh, sebaik-baiknya amalan (QS 2177 dan QS 2877). Segala amalan yang baik dan meng-imanl perintah Allah itu antara lain adalah jika kita mampu menghentikan praktek-praktek haram dan kotor seperti yang disebutkan diatas yang dapat menggangu kinerja pembangunan.

0 komentar:

Posting Komentar