Beda antara Teman dan Sahabat ??

Minggu, 28 November 2010

Teman dan sahabat, apa bedanya.
Buatku sih jelas beda banget, diliat dari kalimat aja kan udah beda , trus dari kamus Bahasa Indonesia pun gini “ sesama teman harus saling membantu “ tapi kalo sahabat atau persahabatan gini “ persahabatan yang abadi tidak bisa dibeli dengan uang “
Tapi sedikit analisa saja tentang temen dan sahabat dan aku coba bandingin dengan kehidupan nyata ni. Pertama TEMAN, katanya sesame teman harus saling membantu tapi aku kayaknya ga setuju deh dengan pernyataan itu karena kenyataan teman ga deperti itu. Bagi aku teman tu cenderung pada pengertian yang sempit. Such as : teman bermain ya teman pas bermain aja, teman bekerja ya teman pas kerja aja. Pertemanan ya hanya sebatas itu-itu aja dan di ruang lingkup itu aja dan kalo sudah diluar itu maka bisanya ga akan ada hubungan apa2 lagi. Biasanya juga nih kalo temen tidak mau dan tidak akan mau merasakan apa yang sedang dirasakan oleh teman yang lain. Mereka tu ga mau peduli, walopun sih ga semuanya kayak gitu hehehe….

Tapi….. dari sekian banyak temen itu, ada satu temen yang sangat bagus. Yups, namanya temen hidup. Ya iyalah… namanya aja temen hidup brarti susang seneng sama-sama. Temen hidup ni bisa diartikan sebagai jodoj ( istri ato suami ).Kalo temen yang satu ini pasti juga beda dengan temen-temen yang lain lah.
Next SAHABAT, sahabat ato persahabatan, “ persahabatan yang kekal tidak akan bisa dibeli dengan uang”. Kalo untuk statemen yang ini sih aku setuju, karena emang yang namanya persahabatan emang mesti kayak gini ga boleh ada akuntansi di dalamnya hehe…. Dan kalo diberi tingkatan, sebelum kita ke persahabatan kita mesti lewat tingkatan teman dulu. Yang jadi soal, buat nyari sahabat tu susah banget, jujur ni sampai saat ini aku belum bisa nemuin arti sebuah persahabatan, pernah sih dulu aku nemuin seseorang yang aku kira sahabat aku e..e.. ternyata bukan aju kan jadi nya malu..aku malu.. pada semut merah.. yang berbaris didinding menatap ku curiga seakan pernuh Tanya… wualah…  hahahaha,,,,,
Kembali ke topic, seringkali aku hanya nemuin arti dari teman, karena cuma sebatas teman. Persahabatan hamper sama dengan jodoh, namun kalo disini bukan istri atau suami kita. Sahabat biasanya mengerti betul apa yang kita rasakan, baik itu sedih maupun duka sekalipun. Sahabat akan membantu kita jika kita ada masalah, tidak melihat kita ada uang ato nggak, kita pinter ato nggak, kita cakep ato nggak etc.
Cari Temen itu mah gampang tapi ga gitu dengan sahabat. Seperti lirik lagunga paj haji yang raja dangdut itu lho, “ …mencari teman itu mudah bila untuk temen suka, mencari teman itu susah apabila temen duka…” Emang bener kan, temen itu gampang dicari kalo buat seneng-seneng, kita punya duit, punya kendaraan aku yakin banget gampang buat cari teman, Tapi saat kita sedang ga ada duit cenderung mereka akan ninggalin kita. Nah untuk mencari temen untuk bersedih-sedih ria tu yang susahnya minta ampun. Mana ada sih temen yang mau diajak untuk susah??? Mana ada teman yang mau mengerti sama masalah kita.
Hanya sahabat yang mengerti dan memahami kira, Baik dalam susah ato senang, hanya sahabat yang mau Bantu kita saat kita menemui persoalan.
So… ada seseorang yang bilang ke aku kalo temen itu sekilas seperti orang yang kenal tapi ga mengerti bedanya kalo sahabat tu kita saling mengenal dan saling mengerti.
Sahabat dan teman jelas berbeda !!
Semua orang mesti butuh sahabat sejati, tapi ga semuanya bisa dapetin itu. Banyak juga yang telah menikmati indahnya persahabatan tapi ada juga yang hancur karena dikhianati sahabatnya
Beberapa hal seringkali menjadi penghancur persahabatan antara lain:
1. Masalah bisnis UUD (Ujung-Ujungnya Duit)
2. Ketidakterbukaan
3. Kehilangan Kepercayaan
4. Perubahan perasaan antar lawan jenis
5. Ketidaksetiaan
Renungkan:
Mempunyai satu sahabat sejati lebih berharga dari seribu teman yang mementingkan diri sendiri.
“ Dalam masa kejayaan teman-temang mengenal kita, Dalam kesengsaraan kita yang akan mengenal mereka” anonym –
Ingatlah saat kapan terakhir kamu ada di kesulitan, Siapa yang ada disamping kamu?
Siapa yang mengasihi kamu saat kamu merasa tidak dicintai??
Siapa yang kamu inginkan untuk bersama kamu saat ga ada satupun yang dapat kamu berika??
Mereka itulah sahabat2 kamu, hargai dan peliharalah selalu persahabatan kamu dengan mereka…

0 komentar:

Posting Komentar