Bahaya Terus-Menerus Minum Obat Asma

Sabtu, 27 November 2010


Racikan obat tertentu memang menolong gangguan asma. Namun, karena berisi sejenis hormon yang bila dipakai untuk jangka lama, terlebih bulanan, menyimpan efek samping yang tidak baik, ketergantungan pada obat itu jadi berbahaya. Dr. Handrawan Nadesul menjawab pula sebuah pertanyaan tentang bahaya ketergantungan antibotika.

Tergantung Selama 8 Bulan

“Saat ini saya rutin mengonsumsi satu kapsul resep dokter yang berisi campuran 6 jenis obat (aminophylin, salbutamol, ephedrin, prednison, luminal, mucohexin) Kapsul racikan diminum 2 kali sehari, pagi dan petang. Kalu tidak minum, sesaknya muncul. Saya sudah bergantung obat selama 8 bulanan.
Pertanyaan saya:
1. Secara jangka panjang, apa saja efek negatif yang bisa muncul?
2. Bagaimana cara untuk mengurangi efek tersebut?
3. Apakah saya bisa benar-benar bebas dari ketergantungan obat tersebut?” Amd. Jakarta
Sdr. Amd. di Jakarta,

Keluhan sesak mereda dengan kapsul racikan seperti yang Anda tuliskan, menunjukkan bahwa Anda memang benar mengidap asma. Kita tahu kalau asma itu tergolong penyakit alergi juga. Kelainannya ada dalam darah yang diwariskan dari garis turunan. Mungkin dari ayah ibu, atau dari kakek nenek.
Asma bisa juga bukan turunan, melainkan didapat. Bila sejak kecil pernah sakit paru-paru (TBC, bronkhitis) lama, bisa menyisakan asma juga. Di Indonesia, sebagaimana lazim di negara-negara masih berkembang, lebih banyak kasus asma didapat.
Obat asma, baik dari resep dokter maupun yang dibeli bebas di warung, tidak menyembuhkan asmanya. Sebab, asma memang tidak bisa sembuh. Obat hanyalah meredakan serangan asma. Yang bisa dilakukan oleh pengidap asma, bagaimana agar asmanya tidak sering menyerang.
Asma menyerang bila ada faktor pencetusnya. Faktor pencetus itu berada di luar tubuh. Paling sering menjadi pencetus debu rumah (bukan debu jalanan atau debu-debu lainnya). Jika di kamar tidur banyak tumpukan koran, lantai pakai karpet, kipas angin berdebu, saringan AC jarang dibersihkan, maka debu rumah ini terbang di udara kamar. Sesak napas yang datang sehabis bangun tidur malam, kemungkinan debu kamar sumber pencetusnya.
Jadi supaya serangan asma tidak sering kambuh sehingga harus terus bergantung pada obat, yang harus diobati kamar tidurnya, agar senanatiasa bebas debu rumah. Tidak cukup hanya dengan menyapu, melainkan perlu menyedot debunya.
1. Racikan obat asma yang Anda tulis itu memang menolong. Namun, karena berisi prednison (hormon), bila dipakai untuk jangka lama (terlebih bulanan), menyimpan efek samping yang tidak baik. Prednison memperburuk darah tinggi, kencing manis, TBC, dan bikin tubuh menyimpan cairan lebih banyak. Oleh karena cairan ditahan lebih banyak dalam tubuh, tubuh cenderung menjadi lebih membengkak, antara lain wajah menjadi seperti bulan (moon face), kulit menjadi lebih kasar berminyak, dan pada pria, bulu-bulu halus lebih banyak. Selain itu, pemakaian prednison yang lebih dari seminggu tidak boleh langsung dihentikan mendadak, melainkan harus dikurangi dosisnya secara bertahap, hingga akhirnya stop sama sekali. Racikan lainnya tidak berefek samping seburuk itu.
2. Cara untuk mengurangi efek samping prednison hanya dengan tidak terus menerus mengonsumsinya. Prednison dan turunannya hanya diminum jika kondisi serangan asmanya sangat berat, yang tak mempan hanya dengan racikan biasa. Prednison biasanya diberikan beberapa hari, tak lebih dari seminggu saja.
3. Bisa. Anda bisa terbebas dari kebergantungan obat asma dengan menghindar dari faktor pencetus yang disebutkan di atas, termasuk makan buah bergetah sawo, nangka, timun, memakai obat nyamuk (semprot maupun bakar), atau menghirup asap bensin solar. Berolahraga rutin, kalau bisa berenang pagi di pantai, olah napas akan lebih membantu.
Coba mulai sekarang setelah kamar tidur dan ruangan rumah bebas dari debu rumah, tak perlu minum obat dan Anda jangan merasa takut asma kambuh. Obat hanya diminum kalau sesak datang saja. Dengan cara demikian, Anda hidup damai berdampingan dengan bakat asma. Pikiran yang cemas, gundah, dan stres, memudahkan asma kambuh.

0 komentar:

Poskan Komentar